Apr 16, 2015

Tutorial Pembuatan Virus Part I

Ok tulisan ini akan membahas mengenai pembuatan virus komputer. Jangan telalu berharap banyak dengan tulisan ini, selain tulisan ini masih Part 1 yang berarti akan ada tulisan-tulisan lain, saya sendiri juga bukan Profesional Virus Maker. Pada dasarnya saya pernah membuat beberapa tulisan mengenai pembuatan virus komputer yang waktu itu saya tulis di website NR Technology (http://www.nrtech.org) tetapi sejak kejadian White Screen website setelah saya lakukan upgrade Themes yang disebabkan rusaknya susunan database akhirnya dengan terpaksa saya harus menghapus semua data pada database site tersebut, termasuk tulisan-tulisan saya. Memang dulu pada saat saya menulis pertama kali mengenai materi virus komputer banyak orang yang bertanya “Kenapa harus materi virus ? bukan materi yang lain toh materi tentang Pemrograman banyak”, untuk pertanyaan tersebut intinya begini, saya ingin berbagi tentang materi yang saya senangi, dan saya tidak berpikir nantinya orang lain akan menggunakan tulisan saya untuk berbuat jahat, karena kejahatan dan kebaikan bukan ranah saya untuk mengurusinya. Untuk menjadi jahat atau menjadi baik tiap-tiap orang diberi kebebasan untuk memilihnya.
Tidak usah terlalu berpanjang lebar tentang preface, mari kita langsung masuk ke materi. Seperti saya tulis diatas, jangan terlalu berharap banyak dengan tulisan ini, karena pada tulisan kali ini saya hanya akan membahas informasi dan pengetahuan dasar tentang pengebangan Virus Komputer sesuai dengan yang saya ketahui, karena pasti banyak banget yang tidak saya ketahui, apalagi sebagian besar dari pengetahuan saya mengenai Virus saya dapatkan berdasarkan pada pengalaman membersihkan Virus, bukan dapat dari sebuah forum atau group diskusi. 
Hal utama dan pertama yang harus di ketahui adalah definisi Virus itu sendiri, saya pribadi mengartikan Virus Komputer adalah sebuah aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri, apapun bentuknya bagaimanapun caranya. Ada banyak perdebatan mengenai definisi virus, malware, trojan lain sebagainya, tetapi intinya untuk tulisan ini dan tulisan-tulisan selanjutnya saya menggunakan definisi Virus Komputer adalah Aplikasi Yang Dapat Menggandakan Dirinya Sendiri.
Setelah di definisikan mengenai Virus Komputer, selanjutnya adalah Tools apa yang akan digunakan dalam tulisan ini. Ok, yang jelas targetnya Virus berjalan pada Komputer yang terinstall Windows 7, dengan alasan Windows 7 masih menjadi Sistem Operasi yang paling banyak di gunakan pada PC Desktop. Saya akan menggunakan C# dengan .Net Framework 2.0 untuk membuat Virus tersebut, karena secara default Windows 7 telah terinstallasi .Net Framework 2.0. Target dan bahasa pemrograman telah di tentukan, selanjutnya kita akan memilih tools untuk mengembangan aplikasinya, karena saya menggunakan C# dengan .Net Framework 2.0 maka tools yang akan digunakan tidak lain adalah Visual Studio, dan saya menggunakan Visual Studio 2013.
Setelah semua kebutuhan awal terdefinisi dan terinstall pada Development PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat Project di Visual Studio 2013 untuk aplikasi virus tersebut. Untuk membuat Project pada Visual Studio 2013 setelah menjalankan aplikasi VS2013 lakukan langkah-langkah berikut :
  1. File -> New -> Project.
  2. Definisikan Project  Name, kali ini saya mendefinisikan “Viruses”.
  3. Project berhasil dibuat.
  4. Buatlah folder “Logic” pada Project.
  5. Logic folder berhasil di buat.
  6. Buat Class dengan nama “Beranak”.
  7. Class “Beranak” berhasil di buat.

Sepertinya untuk Part I, saya cukupkan sampai di sini dulu, doakan biar saya mempunyai kesempatan untuk segara membuat tulisan Part II. Terima Kasih.


Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search